Welcome

Selasa, 30 November 2010

Pemuda dan Sosialisasi

A.   Pengertian Pemuda
Pemuda adalah suatu generasi yang dipundakkan terbebani bermacam-macam harapan, terutama dari generasi lain. Para pemuda sangat diharapkan sebagai generasi penerus, generasi  yang dapat melanjutkan generasi sebelumnya, generasi yang seharusnya dapat mengisi dan melaksanakan pembangunan secara terus-menerus dan generasi yang diharapkan untuk memperbaiki keadaan negara kita saat ini.
Akan tetapi, apabila melihat peran pemuda sehubungan dengan pembangunan, peran itu dibedakan menjadi dua yaitu
1.    Didasarkan atas usaha pemuda untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan lingkungan. Pemuda dalam hal ini dapat berperan sebagai penerus tradisi dengan jalan menaati tradisi yang berlaku
2.    Didasarkan atas usaha menolak menyesuaikan diri dengan  lingkungan. Peran pemuda jenis ini dapat dirinci dalam tiga sikap, yaitu : pertama jenis pemuda “pembangkit” mereka adalah pengurai  atu pembuka kejelasan dari suatu masalah sosial. Mereka secara tidak langsung ktu mengubah masyarakat dan kebudayaan. Kedua pemuda pdelinkeun atau pemuda nakal. Mereka tidak berniat mengadakan perubahan, baik budaya maupun pada masyarakat, tetapi hanya berusaha memperoleh manfaat dari masyarakat dengan melakukan tidnakan menguntungkan bagi dirinya, sekalipun dalam kenyataannya merugikan. Ketiga, pemuda radikal. Mereka berkeinginan besar untuk mengubah masyarakat dan kebudayaan lewat cara-cara radikal, revolusioner.

B.   Pengertian Sosialisasi
Sosialisasi diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya. Berikut pengertian sosialisasi menurut para ahli 
1. Charlotte Buhler 
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup, dan berpikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dengan kelompoknya. 
2. Peter Berger 
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya. 
3.  Paul B. Horton 
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya. 
4.  Soerjono Soekanto
Sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru. 
Saat ini generasi muda memiliki berbagai macam masalah, diantaranya :
1.   Pergaulan Bebas
Pergaulan bebas dapat merusak para pemuda. Pergaulan bebas dapat terjadi karena kurangnya perhatian dari orang tua.  Disini sangat diperlukan sekali peran dari orang tua karena orang tua harus memberitahukan kepada anaknya mana pergaulan yang baik dan yang tidak baik agar anak tersebut tidak terjerumus dalam pergaulan bebas.
2.   Meningkatnya kenakalan remaja
Kenakalan remaja saat ini yang sering terjadi adalah menggunakan obat-obatan terlarang seperti narkotika dll.
Narkotika sangat berbahaya karena dapat mengganggu kesadaran otak manusia. Obat ini juga membuat orang yang memakainya menjadi ketagihan.
Selain itu kenakalan pemuda saat ini adalah perokok aktif. Mereka tidak menyadari bahwa rokok sangat merugikan untuk diri mereka dan orang lain. Di dalam rokok tedapat zat nikotin yang sangat berbahaya jika terhirup ke dalam tubuh, dapat menyebabkan gangguan pernafasan.

Oleh karena itu peran pemuda dan bersosialisasi dengan orang lain sangat diharapkan untuk memperbaiki keadaan negara kita saat ini dan untuk menciptakan generasi penerus yang baik.

sumber :
http://wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar