Welcome

Sabtu, 19 November 2011

Resume Kelompok 4 : "Arti Penting Komunikasi Dalam Organisasi"

Masuk dari pengertian komunikasi itu sendiri yaitu kegiatan menyampaikan suatu informasi yang dianggap berguna bagi sang penerima. Semua makhluk hidup pun berkomunikasi dengan sejenisnya. Maka dari itu dalam berorganisasi pun memerlukan kegiatan komunikasi ini entah sesama anggota organisasi maupun antara anggota dengan pemimpin oranisasi. Komunikasi dalam organisasi dibutuhkan untuk menyampaikan suatu tujuan ataupun perintah dari atasan atau pemimpin kepada anggota- anggota maupun bagian- bagian yang dikehendaki oleh si pemimpin tersebut.

Nah, dalam hal ini sebagai pemimpin harus memiliki kelebihan dalam bidang komunikasi. Jika tidak sangat besar kemungkinan akan terjadinya miss communication yang akan sangat membahayakan kestabilan organisasi. Untuk menghindari hal tersebut maka di setiap organisasi sang pemimpin ataupun ketua biasanya memiliki juru bicara yang ahli dalam bidang ini.

Model komunikasi yang sangat umum yaitu dimana ada si pengirim,  pesan yang ingin disampaikan dan si penerima pesan. Tiga unsur tersebut harus saling melengkapi dan Saling berkaitan. Jika tidak seperti demikian maka komunikasipun akan gagal.

Komunikasi memiliki 2 macam tipe pelaksanaannya, yaitu komunikasi formal dan komunikasi informal. Komunikasi formal disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Sedangkan komunikasi informal berorientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.

Kesimpulan yang bisa di ambil dari hal ini adalah sangat pentingnya komunikasi yang baik dalam berorganisasi khususnya pemimpin ataupun ketua sebagai panutan agar maksud dari tujuan itu bisa terealisasikan kepada seluruh anggota- anggotanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar