Welcome

Kamis, 08 Maret 2012

Sir Arthur Conan Doyle

Siapa yang pencinta kisah-kisah misteri pasti tahu siapa Sir Arthur ini. Iya benar, dia adalah sang pembuat tokoh detektif ternama Sherlock Holmes.
Nama lengkap pencipta tokoh serial Detektif Sherlock Holmes ini adalah Sir Arthur Ignatius Conan Doyle lahir di Edinburgh, Skotlandia pada tanggal 22 Mei 1859. Bakat menulis merupakn turunan dari darah sang ibu, Mary Doyle, yang sangat mencintai dunia perbukuan dan merupakan seorang pencerita yang sangat handal. Gelar doktor sang maestro penulis novel misteri ini di dapatkannya dari Universitas Edinburgh dan sempat berpraktik di Southsea, Inggris.
Tokoh Sherlock Holmes mulai diperkenalkan pada publik pada tahun 1886 dalam cerita A Study in Scarlet. Dalam menciptakan tokoh ini, dia terinspirasi oleh sosok salah satu dosennya, Dr. Joseph Bell. Dia sangat mengagumi kecerdasaan Joseph Bell dalam mengobservasi dan membuat deduksi.
Namun, cerita tentang detektif eksentrik ini mulai mendapatkan ketenaran ketia dia mempublikasikan serial petualangan Sherlock Holmes bersama sahabatnya, Dr. Watson. Hingga kini, dia dikenal sebagai salah satu pengarang cerita detektif paling populer di dunia. Sang maestro ini pun memiliki penulis idolanya sendiri pada masa itu, seperti sang maestro cerita misteri, Edgar Allan Poe dan penulis Bret Harte.
Selama hidupnya, dia sudah menulis empat buah novel, yaitu A Study in Scarlet (1887), The Sign of the Four (1890), The Hound of the Baskervilles (diterbitkan sebagai cerita bersambung, 1901-1902), The Valley of Fear (diterbitkan sebagi cerita bersambung yang dimuat di majalah The Strand, 1914-1915), dan buku komplikasi serial Sherlock Holmes, yaitu The Advantures of Sherlock Holmes
(berisi kasus-kasus yang diterbitkan tahun 1891-1892), The Memoirs of Sherlock Holmes (berisi kasus-kasus yang diterbitkan tahun 1892-1893), The Return of Sherlock Holmes (berisi kasus-kasus yang diterbitkan tahun 1903-1904), dan The Case-Book of Sherlock Holmes (berisi kasus-kasus terbitan tahun 1921-1927). Sir Arthur Conan Doyle meninggal karena sakit pada hari Senin, 7 Juli 1930. Namun, karya sang maestro akan tetap hidup di hati para pengemar cerita-cerita misteri.
Sumber: :
Sir Arthur Conan Doyle. 2012. Sherlock Holmes : The Game of Death (terjemahan). Jakarta. Visimedia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar