Welcome

Selasa, 01 Mei 2012

MACINTOSH OS



1.  Pengertian
Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin, didampingi oleh Bill Atkinson dan Andy Hertzfeld. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal. Tidak seperti Windows, Machintosh tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.
Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.

2.  Sejarah
Terdapat perbagai pandangan bagaimana Macintosh dibangunkan dan di mana ide asal bermula. Walaupun kaitan antara Macintosh dan projek Alto di Xerox PARC telah luas diperkatakan dalam record sejarah, sumbangan awal Sketchpad oleh Ivan Sutherland dan Sistem di Talian (On-Line System) oleh Doug Engelbart tidak kurang pentingnya. Pengabstrakan ini yang membenarkan aplikasi Mac ditulis untuk satu generasi sistem digunakan pada generasi berikutnya, sebagai contoh: dari Mac Plus kepada Mac II, kepada PowerBook, kepada Power Macintosh. Pada awalnya Apple sengaja mengaburkan kewujudan sistem operasi ini bagi membedakan Mac daripada sistem lain seperti MS-DOS, yang digambarkan sebagai lebih sukar digunakan berbanding Mac. Istilah seperti “sistem” dan “kotak perkakasan (the toolbox)” merupakan cara mudah untuk merujuk kepada perkhidmatan sistem operasi dan Macintosh API seterusnya mengelakkan penggunaan istilah teknikal (technical jargon).
Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain. Rilis terakhir Mac OS diluncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode Tiger dengan versi 10.4.

3.  Multiprogramming / Multitasking
Banyak tugas atau tugas ganda (Bahasa Inggris: Multitasking) adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses yang diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama. Dalam kasus sebuah komputer dengan prosesor tunggal, hanya satu instruksi yang dapat bekerja dalam satu waktu, berarti bahwa CPU tersebut secara aktif mengolah instruksi untuk satu pekerjaan tersebut. Multitasking memecahkan masalah ini dengan memjadwalkan pekerjaan mana yang dapat berjalan dalam satu waktu, dan kapan pekerjaan yang lain menunggu untuk diolah dapat dikerjakan. Kondisi mengalokasikan CPU dari pekerjaan satu ke pekerjaan yang lain disebut context switch. Ketika context switch terjadi dengan sangat cepat -- kondisi ini cukup untuk memberikan ilusi pengolahan-paralel. Bahkan dalam komputer yang memiliki lebih dari satu CPU (disebut multi-prosesor), multitasking memperbolehkan lebih banyak pekerjaan dijalankan dibanding dengan jumlah CPU yang tersedia.
Sistem operasi komputer dapat juga mengadopsi berbagai macam strategi penjadwalan, yang secara garis besar dapat dikategorikan sebagai berikut:

  •  Dalam sistem multi-program, pekerjaan yang sedang diolah terus berjalan hingga membutuhkan suatu operasi yang memerlukan interaksi dari luar. (e.g. membaca dari tape). Sistem multi-programdidesain untuk memaksimalkan penggunaan CPU.
  • Dalam sistem time-sharing , pekerjaan yang sedang diolah diharuskan melepaskan kerja CPU, baik secara sukarela atau dari interaksi luar, seperti interupsi-perangkat-keras. Sistem Time-sharing didesain untuk memperbolehkan beberapa program seolah diproses secara bersamaan.
  •  Dalam sistem real-time, beberapa program yang sedang menunggu dijamin untuk mendapatkan pengolahan dari CPU ketika interaksi luar terjadi. Sistem real-time didesain untuk melakukan kontrol mekanik seperti robot-robot industri, yang memerlukan ketepatan pemrosesan.



4.  Security dan Proteksi Firmware
Tentang security Mac
Secara default Mac OS memang sudah aman dari segala serangan Malware, Virus, SpyWare, Adware, Worm, dan lain-lain, karena MacOS berarsitektur UNIX yang terkenal dengan system keamanannya. Tapi tetap saja kita harus waspada karena menurut pakar keamanan jaringan tidak ada komputer yang 100% mutlak systemnya aman kecuali tidak pernah menghidupkan komputer kita atau memasukannya kedalam peti, dan kubur dalam tanah sedalam 10meter. Dibanding dengan Windows yang mudah sekali terjangkit penyakit (hampir jutaan Virus, ratusan Worm, ratusan SpyWare, Adware) Mac OS dari pertama kali dipasarkan sampai sekarang masih kurang dari 10 serangan.
Setelah Mac menggunakan intel maka tantangan semakin ditingkatkan karena dengan harga yang terjangkau, banyak yang menggunakan Mac OS, semakin banyak pula para Hacker, Cracker, Programmer atau pengguna biasa mencoba-coba menembus keamanan Mac OS X. Untuk itu kita jangan terlalu lengah.
Macam-macam serangan:
  • Brute Force Attack : serangan ini mencoba mencari kombinasi password secara membabi buta, cepat dan cukup lama.
  •  Buffer OverFlows : serangan ini sengaja membuat buffer/chace menjadi penuh sehingga sistem menjadi berat bahkan terpaksa harus restart sistem dengan demikian saat restart segala kemungkinan dapat dimanfaatkan oleh hacker/cracker.
  • Spoofing Attack : ini lebih condong kepada pengintaian terhadap system dari komputer yang akan diserang/dikuasi. Pengintaian password, lokasi system yang lemah, dll
  • War Driving : serangan ini lebih terfokus pada jaringan wireless. Mencari password, mencuri bandwidth dan jaringan wireless
      Virus dan Malware :
  • Virus : program yang dapat me-copy dirinya dan menginfeksi komputer si pengguna. Pernah terjadi beberapa kali di Mac
  •   Worm : worm bukan termasuk virus. Worm dapat mereplika program komputer dan dapat mengacaukan file program. Pernah terjadi di Mac
  • Trojan (Trojan Horse) : Program yang dimasuki/memasuki suatu aplikasi/software yang membuat kekacauan pada software itu sendiri dan kepada sistem operasi. Jarang terjadi di Mac.
  • Spyware : program yang menginfeksi komputer (biasanya browser) sehingga dapat mencuri bandwidth internet dan menyebabkan internet lambat dan kekacauan browser.
  • Adware : hampir mirip dengan spyware tapi adware akan menampilkan iklan-iklan yang tidak kita inginkan sehingga akan memakan bandwidth dan memperlamba internet.
  • Logic Bomb : biasanya program ini akan menyerang komputer si pengguna pada tanggal dan jam tertentu (berkala maupun tidak).
  • Zombie : serangan ini berjalan pada sistem melalui backdoor sehingga dapat mengendalikan system secara utuh.
Macam-macam cara mengamankan Mac :
  •  Mengamankan Open FirmWare dan EFI FirmWare
  •  Install antivus
  •  Selalu meng-update Mac Security
  • Membuka file yang benar-benar diketahui asal usulnya
  •  Untuk penggunaan Mac sehari-hari lebih baik menggunakan Account standar jangan menggunakan      Account Administrator / SuperUser
  • Biasakan menggunakan User dan Password saat login, jangan menggunakan Automatic login
  •  Gunakan Password untuk mengaktifkan Mac setelah Sleep, Step Away, Screen Saver dll
  •  Menggunakan Firewall apalagi kalau selalu terhubung dengan internet.
  •  Non aktifkan segala macam ‘sharing’ (Internet, File, Folder, Printer dll) jika tidak digunakan.
6.  Memory Utama
 Sebagian besar perangkat elektronik bergantung pada prosesor untuk menjalankan fungsi komputasi, sehingga instruksi atau data yang tersimpan dalam satu atau lebih perangkat memori dapat diproses. Untuk meningkatkan efesiensi prosesor, terdapat cache memory. Fungsinya untuk menyimpan memori yang sering diakses (atau baru diakses), sehingga selalu tersedia agar dapat terus menerus diakses oleh prosesor.

Saat lebih dari satu prosesor mengakses memori utama, seperti halnya terjadi pada sistem multi-core atau multi-prosesor, sebagian dari memori utama berperan sebagai cache memory yang digunakan oleh dua atau lebih prosesor. Untuk menjaga integritas dari memori yang digunakan untuk sistem multi-core/ prosesor ini, berbagai teknik cache cocherence terus dikembangkan.
Salah satu teknik cache coherence yang umum digunakan adalah bus snooping, di mana prosesor-prosesor saling mem-broadcast referensi memori ke dedicated bus, sehingga data dapat ditransfer di antara cache ketimbang mengakses memori utama. Sayangnya, sementara bus snooping membuat cache menjadi coherence, teknik ini menyedot daya dan waktu, sehingga malah mengakibatkan penurunan efisiensi profesor. Padahal, efek yang diharapkan dari penerapan teknik ini adalah sebaliknya. Ditambah lagi, jika jumlah prosesor semakin banyak, aktivitas snooping dan brodcast makin meningkat, sehingga semakin menguras efisiensi sistem.

Paten teknik untuk mengurangi snoop traffic pada CPU Mac ini berupa sistem manajemen cache memory untuk masing-masing core prosesor. Dalam lembaran paten, diterangkan juga perangkat cache memory yang dikonfigurasi untuk menyimpan berbagai jenis cache lines, status table yang dikonfigurasi untuk melacak pages of memory yang disimpan dalam perangkat cache memory (dan menjelaskan status dari masing-masing pages of memory yang terlacak), serta cache controller yang dikonigurasi untuk memilih (ketika terjadi cache miss) apakah harus mem-broadcast permintaan snoop berdasarkan sebagian dari status salah satu tracked pages yang ada pada page status table.

Menurut penjabaran paten yang tekniknya ditemukan oleh Jeffry Gonion tersebut, angka 8 yang dimaksud pada FIG. 1 bisa berupa komputer atau jenis perangkat elektornik lainnya, yakni komputer konvensional (desktop, workstation, dan server) atau komputer portabel (laptop, notebook, dan tablet). Dalam beberapa poin dari paten, diterangkan secara mendetail bahwa angka 8 adalah seluruh jajaran MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, iMac, Mac mini, dan Mac Pro.

7.  Keunggulan dan kelemahan MacOS
Keunggulan Mac OS:
1.       Mac OS Tidak mudah terkena virus.
Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware. Namun tidak juga akan memperlambat Anda dengan peringatan keamanan konstan dan interupsi lainnya.
2.       High Performance.
Khususnya pada Mac OS X – dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac – dengan kecepatan yang menakjubkan.
3.        User-friendly
Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic designer dan bagi mereka yang baru mempelajari komputer.
4.        Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data
5.       Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
6.       Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
Kelemahan Mac OS:
1.       Hanya bekerja pada Macbook
2.       Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
3.       Mahal
4.       Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
5.       Kurang cocok untuk aplikasi server dan game




Tidak ada komentar:

Posting Komentar