Welcome

Kamis, 27 Oktober 2011

Resume Kelompok 3 : Proses Pengambilan Keputusan Dalam Sebuah Organisasi

Pengambilan keputusan merupakan hal yg lumrah di suatu organisasi. Sebab setiap pergerakan organisasi harus memiliki pemikiran yg matang dan member keputusan atas apa yg akan dilakukan. Umumnya pengambilan keputusan itu di tugaskan kepada ketua organisasi yg merupakan hasil voting ataupun musyawarah.
Pengambilan keputusan pun memiliki tahap-tahap sebagai berikut :

1.   Tahap Pemahaman ( Inteligence Phace )
Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. Data masukan diperoleh, diproses dan diuji dalam rangka mengidentifikasikan masalah.
2.   Tahap Perancangan ( Design Phace )
Tahap ini merupakan proses pengembangan dan pencarian alternatif tindakan / solusi yang dapat diambil. Tersebut merupakan representasi kejadian nyata yang disederhanakan, sehingga diperlukan proses validasi dan vertifikasi untuk mengetahui keakuratan model dalam meneliti masalah yang ada.
3.   Tahap Pemilihan ( Choice Phace )
Tahap ini dilakukan pemilihan terhadap diantaraberbagai alternatif solusi yang dimunculkan pada tahap perencanaan agar ditentukan / dengan memperhatikan kriteria – kriteria berdasarkan tujuan yang akan dicapai.
4.   Tahap Impelementasi ( Implementation Phace )
Tahap ini dilakukan penerapan terhadap rancangan sistem yang telah dibuat pada tahap perancanagan serta pelaksanaan alternatif tindakan yang telah dipilih pada tahap pemilihan.

Setelah melalui tahap-tahap diatas ketua atau pimpinan bisa mengambil keputusan yg baik untuk organisasi.
Pengambilan keputusanpun memiliki 2 tipe pada umumnya yg bersifat tunggl maupun bersifat ganda. Hal yg membedakan hanyalah dari berapa hasil masalah yg dapat dipecahkan dalam satu pengambilan keputusan. Tujuan pengambilan keputusan sangatlah jelas, yaitu untuk memilih solusi atas masalah yg dihadapi dengan sebaik-baiknya resiko. Karena tidak ada keputusan yg tidak menghasilkan suatu resiko. Untuk itu lah pengambilan keputusan sangatlah penting. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar